Background

SEJARAH BLENDER

Sejarah Blender

Pada tahun 1988 Ton Roosendaal mendanai perusahaan yang bergerak dibidang animasi yang dinamakan NeoGeo. NeoGeo adalah berkembang pesat sehingga menjadi perusahaan animasi terbesar di Belanda dan salah satu perusahaan animasi terdepan di Eropa. Ton Roosendaal selain bertanggung jawab sebagai art director juga bertanggung jawab atas pengembangan software internal.

Pada tahun 1995 muncullah sebuah software yang pada akhirnya dinamakan Blender. Setelah diamati ternyata Blender memiliki potensi untuk digunakan oleh artis –artis diluar NeoGeo. Lalu pada tahun 1998 Ton mendirikan perusahaan yang bernama Not a Number (NaN) Untuk mengembangkan dan memasarkan Blender lebih jauh. Cita – cita NaN adalah untuk menciptakan sebuah software animasi 3D yang padat, cross platform yang gratis dan dapat digunakan oleh masyarakat computer yang umum.

Sayangnya ambisi NaN tidak sesuai dengan kenyataan pasar saat itu. Tahun 2001 NaN dibentuk ulang menjadi perusahaan yang lebih kecil NaN lalu meluncurkan software komersial pertamanya, Blender Publisher. Sasaran pasar software ini adalah untuk web 3D interaktif. Angka penjualan yang rendah dan iklim ekonomi yang tidak menguntungkan saat itu mengakibatkan NaN ditutup. Punutupan ini termasuk penghentian terhadap pengembangan Blender.

Karena tidak ingin Blender hilang ditelan waktu begitu saja, Ton Roosendaal mendirikan organisasi non profit yang bernama Blender Foundation. Tujuan utama Blender Foundation adalah tersu mempromosikan dan mengembangkan Blender sebagai proyek open source. Pada tahun 2002 Blender dirilis ulang dibawah syarat – syarat GNU General Public License.


 Langsung ke : navigasi, cariblender Blender.svgBlender 2.66 Mac OS X.pngBlender 2.66 welcome screenPengembang ( s ) Blender YayasanRilis awal 1995Stabil rilis 2.68a / 24 Juli 2013 , 40 hari yang lalu [ 1 ]Ditulis dalam C , C + + dan PythonSistem operasi FreeBSD , GNU / Linux , Mac OS X dan Microsoft Windows [ 2 ]Software 3D komputer grafis TypeLisensi GNU General Public License v2 atau lambatwww.blender.org situs
Blender adalah komputer produk perangkat lunak grafis 3D gratis dan open source yang digunakan untuk membuat film animasi , efek visual , seni, model dicetak 3D , aplikasi 3D interaktif dan video game . Fitur Blender termasuk 3D modeling , UV membuka bungkusan , texturing , rigging dan menguliti , cairan dan simulasi asap , simulasi partikel , simulasi tubuh lembut , menjiwai , cocok bergerak , pelacakan kamera , rendering, video editing dan compositing . Ia juga memiliki mesin permainan built-in .isi

  

 1 Sejarah
        
1.1 Suzanne

    2 Fitur
        
2.1 User interface
        
2.2 Persyaratan Hardware
        
2.3 Format file
    
3 Perbandingan dengan software 3D lainnya
    
4 Pembangunan
    
5 Dukungan
    
6 Gunakan di industri media
    
7 Proyek Terbuka
        
7.1 Gajah Mimpi (Open Film Project : Oranye )
        
7.2 Big Buck Kelinci (Open Film Project : Peach )
        
7.3 Yo Frankie ! (Open Permainan Proyek : Apricot )
        
7,4 Sintel (Open Film Project : Durian )
        
7.5 Air mata Baja (Open Film Project : Mango )
    
8 Lihat juga
    
9 Referensi
    
10 Bacaan lebih lanjut
    
11 Pranala luar

SEJARAHDesktop dalam versi 2.63
Animasi Belanda studio Neo Geo dan Bukan Nomor Technologies ( NaN ) mengembangkan Blender sebagai aplikasi di - rumah . Penulis utama adalah Ton Roosendaal , yang sebelumnya menulis sebuah pelacak sinar disebut Jejak untuk Amiga pada tahun 1989 . Blender Nama ini terinspirasi oleh sebuah lagu oleh Yello , dari album Baby. [ 3 ]
Roosendaal NaN didirikan pada bulan Juni 1998 untuk lebih mengembangkan dan mendistribusikan program. Mereka awalnya didistribusikan sebagai program shareware sampai NaN bangkrut pada tahun 2002 .
Para kreditur setuju untuk melepaskan Blender di bawah GNU General Public License , untuk pembayaran satu kali sebesar 100.000 ( US $ 100.670 pada saat itu ) € . Pada 18 Juli 2002 , Roosendaal memulai kampanye pendanaan Blender untuk mengumpulkan sumbangan , dan pada tanggal 7 September 2002, mengumumkan bahwa mereka telah mengumpulkan cukup dana dan akan merilis kode sumber Blender . Hari ini , Blender adalah perangkat lunak bebas , open-source dan - terlepas dari Blender Institute dua babak pertama dan dua karyawan dikembangkan penuh waktu oleh masyarakat . [ 4 ]Blender 2.4 screenshot
Blender Yayasan awalnya berhak untuk menggunakan dual lisensi , sehingga , selain GNU GPL , Blender akan telah tersedia juga di bawah Lisensi Blender yang tidak memerlukan kode sumber mengungkapkan tetapi pembayaran yang diperlukan untuk Yayasan Blender . Namun, mereka tidak pernah melaksanakan opsi ini dan ditunda tanpa batas waktu pada tahun 2005 . [ 5 ] Saat ini , Blender adalah semata-mata tersedia di bawah GNU GPL .SuzanneSuzanne
Pada Januari- Februari 2002 itu jelas bahwa NaN tidak bisa bertahan , dan akan menutup pintu pada bulan Maret . Namun demikian , mereka membuat satu rilis yang lebih : 2,25 . Sebagai semacam dari easter egg , tag pribadi terakhir, seniman dan pengembang memutuskan untuk menambahkan model 3D dari simpanse . Buku itu diciptakan oleh Willem - Paul van Overbruggen ( SLiD3 ) , yang menamainya Suzanne setelah orangutan di Kevin Smith Film Jay dan Diam Bob Mogok Kembali .


Suzanne adalah alternatif Blender untuk lebih model tes umum seperti teko Utah dan Stanford Bunny . Sebuah model low - polygon dengan hanya 500 wajah , Suzanne sering digunakan sebagai cara cepat dan mudah untuk menguji materi , animasi , rig , tekstur , dan pencahayaan setup , dan juga sering digunakan dalam gambar lelucon [ rujukan? ] . Suzanne masih termasuk dalam Blender . Yang terbesar kontes Blender memberikan keluar penghargaan disebut Suzanne Awards.


Langkah rekonstruksi wajah forensik dari mumi dibuat pada Blender.
Blender memiliki ukuran instalasi yang relatif kecil , sekitar 70 megabyte untuk membangun dan 115 megabyte untuk rilis resmi . Versi resmi dari perangkat lunak yang dirilis untuk Linux , Mac OS X , Microsoft Windows , dan FreeBSD [ 6 ] di kedua 32 dan 64 bit . . Meskipun sering didistribusikan tanpa contoh adegan yang luas ditemukan di beberapa program lain , [ 7 ] perangkat lunak berisi fitur yang merupakan ciri khas dari perangkat lunak 3D high-end [ 8 ] Di antara kemampuan adalah:



    Dukungan untuk berbagai primitif geometris , termasuk jerat poligon , pemodelan permukaan subdivisi cepat, kurva Bezier , NURBS permukaan , metaballs , multi - res digital sculpting ( termasuk peta kue , remeshing , resymetrize , penipisan .. ) , huruf garis besar, dan baru pemodelan sistem n - gon disebut B - mesh.
    
Mesin render internal dengan scanline ray tracing , pencahayaan tidak langsung , dan oklusi ambien yang dapat mengekspor dalam berbagai format .
    
Sebuah mesin render pathtracer disebut Siklus , yang dapat menggunakan GPU untuk membantu rendering. Siklus didukung Terbuka Shading Bahasa shading sejak blender 2,65. [ 9 ]
    
Integrasi dengan sejumlah mesin render eksternal melalui plugin .
    
Alat animasi keyframed termasuk kinematika invers , angker ( kerangka ) , hook , kurva dan deformasi berbasis kisi , kunci bentuk ( morphing ) , animasi non-linear , kendala , dan pembobotan vertex .
    
Alat simulasi untuk dinamika tubuh Lunak termasuk deteksi tabrakan jala , dinamika fluida LBM , simulasi asap , dinamika tubuh Bullet kaku, pembangkit laut dengan gelombang .
    
Sebuah sistem partikel yang meliputi dukungan untuk rambut berbasis partikel .
    
Pengubah untuk menerapkan efek non-destruktif .
    
Python scripting untuk pembuatan alat dan prototyping , logika permainan , mengimpor dan / atau mengekspor dari format lain , otomatisasi tugas dan alat kustom .
    
Dasar non - linear video / audio editing .
    
Blender Game Engine , sub - proyek , menawarkan fitur interaktivitas seperti deteksi tabrakan , mesin dinamika , dan programmable logic . Hal ini juga memungkinkan penciptaan berdiri sendiri , aplikasi real-time mulai dari visualisasi arsitektur untuk konstruksi video game .
    
Sebuah compositor simpul berbasis sepenuhnya terintegrasi dalam rendering pipeline dipercepat dengan OpenCL .
    
Prosedural dan simpul berbasis tekstur , serta tekstur lukisan , lukisan proyektif , lukisan vertex , lukisan berat badan dan lukisan dinamis.
    
Kontrol realtime selama simulasi fisika dan rendering.
    
Kamera dan objek pelacakan .

    
Menggunakan node editor untuk membuat bahan logam anisotropik


    
Sebuah render 3D dengan ray tracing dan oklusi ambien menggunakan Blender dan YafaRay

    
Blender dapat membuat model resolusi sangat tinggi dan rendering

    
Sintel dan naga nya diberikan dengan Blender . Blender menawarkan kemampuan untuk membuat model karakter realistis tampak .
    
File: Cairan simulasi blender.ogg

    
Sebuah simulasi cairan sederhana dilakukan dengan blender .
User interfaceUser interface Blender mengalami update yang signifikan selama seri 2.5x



Blender telah memiliki reputasi sebagai sulit untuk belajar bagi pengguna terbiasa dengan perangkat lunak grafis 3D lainnya [ 10 ] Hampir setiap fungsi memiliki cara pintas keyboard langsung dan bisa ada beberapa cara pintas yang berbeda per tombol . . Karena Blender menjadi perangkat lunak bebas , telah ada upaya untuk menambahkan menu kontekstual komprehensif serta membuat penggunaan alat yang lebih logis dan efisien . Ada juga usaha telah dilakukan untuk visual meningkatkan user interface , dengan pengenalan tema warna, widget mengambang transparan , objek pohon ikhtisar baru dan lebih baik , dan perbaikan kecil lainnya ( seperti widget color picker ) . User interface Blender menggabungkan konsep-konsep berikut :
mengedit mode
    
Dua mode utama kerja adalah Obyek Mode dan Edit Mode , yang toggled dengan tombol Tab . Modus obyek digunakan untuk memanipulasi objek individu sebagai satu unit , sementara mode Edit digunakan untuk memanipulasi data objek yang sebenarnya . Misalnya, Obyek mode dapat digunakan untuk bergerak , skala, dan memutar seluruh jerat poligon , dan Edit Mode dapat digunakan untuk memanipulasi simpul individu mesh tunggal. Ada juga beberapa mode lain , seperti Paint Vertex , Berat Cat , dan Sculpt Mode. The 2,45 rilis juga memiliki Mode Pemetaan UV , tapi itu digabung dengan Edit Mode di 2.46 Release Candidate.pemanfaatan hotkey
    
Sebagian besar perintah dapat diakses melalui hotkeys . Sampai 2.x dan terutama versi 2.3x , ini sebenarnya satu-satunya cara untuk memberikan perintah , dan ini adalah sebagian besar bertanggung jawab untuk menciptakan reputasi Blender sebagai sulit-untuk - mempelajari program . Versi baru memiliki menu GUI lebih komprehensif .
input numerik
    
Tombol angka dapat " diseret " untuk mengubah nilai mereka secara langsung tanpa perlu bertujuan widget tertentu , sehingga menghemat layar real estat dan waktu . Kedua slider dan tombol angka dapat dibatasi dengan berbagai ukuran langkah dengan pengubah seperti Ctrl dan tombol Shift. Python ekspresi juga dapat diketik langsung ke bidang entri nomor , memungkinkan ekspresi matematika untuk menentukan nilai .
manajemen Workspace
    
Blender GUI membangun sendiri ubin ( non -overlapping ) sistem windowing yang di atas satu atau beberapa jendela yang disediakan oleh platform yang mendasari . Satu jendela Platform (sering berukuran untuk mengisi layar ) dibagi menjadi beberapa bagian dan sub-bagian yang dapat dari setiap jenis pandangan Blender atau jendela - jenis . Pengguna dapat menentukan beberapa layout seperti Blender jendela , yang disebut layar , dan beralih di antara mereka dengan cepat dengan memilih dari menu atau dengan shortcut keyboard. Setiap elemen GUI jendela-jenis sendiri dapat dikontrol dengan alat yang sama yang memanipulasi tampilan 3D . Misalnya, satu dapat memperbesar dan keluar dari GUI - tombol menggunakan kontrol yang mirip satu memperbesar dan memperkecil gambar dalam viewport 3D . GUI viewport dan tata letak layar sepenuhnya user- disesuaikan . Hal ini dimungkinkan untuk mengatur antarmuka untuk tugas-tugas tertentu seperti mengedit video atau pemetaan UV atau texturing dengan menyembunyikan fitur yang tidak digunakan untuk tugas tersebut . [ 12 ]

Leave a Reply